CONTOH MAKALAH PENDIDIKAN


PENDIDIKAN SEBAGAI DISIPLIN ILMU
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Pendidikan
Dosen Pengampu: Dra. Siti Farikhah, M.Pd.
                                                                 


 









Disusun oleh :
1.       Mamlu’atul Hikmah                    115-13-095
2.    Muhammad Wisnu Wirawan        115-13-096
3.    Khani Faturohmah                         115-13-097
4.    Arif Hadi Purnomo                       115-13-098
5.    Imroatul Azizah                              115-13-099
6.    Khumairoh                                     115-13-100







JURUSAN TARBIYAH
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA (STAIN) SALATIGA
2013/2014

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pendidikaan merupakan salah satu upaya untuk membangun dan meningkatkan mutu sumber daya manusia menuju era globalisasi . Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat fundamental bagi setiap individu, oleh karena itu arti penting pendidikan tidak dapat di remehkan lagi, terutama pada era sekarang. Kegiatan pendidikan dapat membantu sesorang untuk mengerjakan tugasnya yang ada sekarang, manfaat kegiatan pendidikan dapat terus diperluas melalui pembinaan karir dan membantu mengembangkan seseorang dalam mengemban tanggung jawabnya dimasa mendatang.
1.2 TUJUAN PENULISAN
Makalah ini dibuat dengan maksud untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu pendidikan dan sebagai bahan bacaan untuk memperluas ilmu pengetahuan. Dan pemahaman kita akan pentinnya pendidikan sebagai disiplin ilmu.
1.3 RUMUSAN MASALAH
1. Apakah pengertian dari pendidikan?
2. Apakah komponen-komponen dalam pendidikan?
3. Apakah pengertian dari ilmu?
4. Apakah yang dimaksud pendidikan sebgai disipilin ilmu?












BAB II
PEMBAHASAN
PENDIDIKAN SEBAGAI DISIPLIN ILMU
A.   PENGERTIAN PENDIDIKAN
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : “pendidikan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, pembuatan mendidik;”. Pendidikan juga dapat diartikan sebagai usaha sadar memanusiakan manusia atau membudayakan manusia.selain itu pendidikan juga dapat diartikan proses sosialisasi menuju proses kedewasaan intelektual,sosial,moral dengan kemampuan dan martabatnuya sebagai manusia. Dasar pendidikan di indonesia didasarkan berdasarkan Falsafah Pancasila sebab Pancasila selain sebagai dasar negara indonesia. Dasar dan tujuan bagi semua bidang kegiatan bangsa Indonesia, termasuk kegiatan pendidikan di Indonesia.Kegunaannya bagi bangsa Indonesia dan umat manusia.Perkembangannya secara horisontal (lingkungan dan masyarakat sekelilingnya) dan perkembangan secara vertikal (demi pengembangan itu sendiri). Kegunaannya bagi pembangunan daerah dan nasional serta dalam hubungannya dengan penciptaan lapangan kerja. Lestarinya nilai-nilai luhur kepribadian bangsa Indonesia.

B.    KOMPONEN-KOMPONEN PENDIDIKAN
> Anak Didik
> Pendidik
> Tujuan Pendidikan
> Isi Pendidikan
> Metode Pendidikan
> Alat Pendidikan
> Lingkungan Pendidikan
> Pendidikan Sebagai Sistem

C.   PENGERTIAN ILMU
Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum. (Nazir, 1988)
Konsepsi ilmu pada dasarnya mencakup tiga hal, yaitu adanya rasionalitas, dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi. (Shapere, 1974)
Pengertian ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas social. (Schulz, 1962)
Definisi ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum sebab-akibat dalam suatu golongan masalah yang sama sifatnya, baik menurut kedudukannya (apabila dilihat dari luar), maupun menurut hubungannya (jika dilihat dari dalam). (Mohammad Hatta)
Definisi ilmu dapat dimaknai sebagai akumulasi pengetahuan yang disistematisasikan ——-Suatu pendekatan atau metode pendekatan terhadap seluruh dunia empiris.Ilmu dapat diamati panca indera manusia .Suatu cara menganalisis yang mengizinkan kepada para ahlinya untuk menyatakan suatu proposisi dalam bentuk: “jika,…maka…” (Harsojo, Guru Besar Antropolog, Universitas Pajajaran)
Menurut kamus besar bahasa indonesia ilmu berarti :Pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu dibidng pengetahuan.
D.   PENDIDIKAN SEBAGAI DISIPLIN ILMU
Kedisplinan dalam pendidikan sangat dibutuhkan dan harus ditekankan dalam diri seorang pelajar.Dengan disiplin kita belajar untuk menjadi orang yang mempunyai tanggung jawab besar terutama dalam hal pembelajaran.Seorang yang dalam hidupnya terbiasa disiplin mereka akan mendapatkn suatu kebiasaan dalam hidup untuk selalu menghargai waktu.kedisiplinan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam membentuk kepribadian.
BAB  III
PENUTUP

Kesimpulan
Dari pemaparan dia atas dapat ditarik kesimpulan bahwa :
1.     Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
2.     Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.
3.     Pendidikan sebagai  ilmu yaitu teori pendidikan, perenungan tentang pendidikan, dalam arti luas ilmu pendidikan yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari soal-soal yang timbul dalam praktek pendidikan.
4.     Pendidikan sebagai fenomena yang melekat dalam kehidupan manusia, di dalamnya senantiasa ada upaya yang bertujuan untuk memanusiakan manusia itu sendiri, sistem pendidikan bertujuan ”to improve as a man”. Pendidikan pada hakekatnya adalah”process leading to the enlightement of mankind” . Pendidikan merupakan suatu upaya mengembangkan atau mengaktualisasikan seluruh potensi kemanusiaan ke taraf yang lebih baik dan lebih sempurna.


Daftar Pustaka

1.    Drs. Sriyono. 1992. Teknik Belajar dalam cbsa. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

2.    Prof.Dr.H.Veithzal Rifai,m.b.a dan Dr.Hj.Sylviana Murni,s,h.,M.Si. 2010. Education Management. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

0 komentar:

Posting Komentar