PENGENALAN KOMPUTER
DEFINISI
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang
mengandung arti menghitung.
Karena luasnya
bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam
mendefinisikan termininologi komputer.
1. Menurut Hamacher [1], komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi
input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2. Menurut Blissmer [2], komputer
adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai
berikut:
-
Menerima
input
-
Memproses
input tadi sesuai dengan programnya
-
Menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
-
Menyediakan
output dalam bentuk informasi
3. Sedangkan Fuori [3] berpendapat
bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan
besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data
untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer
system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan
brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling
berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa
software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak
ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
HARDWARE
(Perangkat Keras)
Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang
secara fisik terlihat dan bisa dijamah. Dalam sistem komputasi, dikenal banyak
sekali hardware. Dalam hal ini, masalah komputasi kita batasi hanya pada PC
(Personal Computer) saja. Hardware dalam PC terdiri dari beberapa komponen
utama, yaitu CPU (Central Processing Unit), input device, dan output device.
CPU terdiri dari
beberapa komponen penting, yaitu :
1. Processor
2. Motherboard / Mainboard
3. RAM (Random Access Memory)
4. VGA (Video Graphics Array) Card
5. Hardisk Drive (HDD)
6. Floppy Disk Drive (FDD)
7. CDROM / DVDROM Drive
8. Network Adapter
9. Sound Card dan Speaker
10. Power Supply dan UPS
11.
Modem
Input device
utama yaitu keyboard (Serial / PS2) dan mouse (Serial / PS2). Input device lainnya,
namun tidak harus ada pada sebuah PC adalah scanner dan barcode reader. Input
device ini digunakan sesuai kebutuhan yang ada. Sedangkan output device utama
adalah monitor, printer, dan speaker.
1. Processor
Microprocessor atau biasa disebut dengan processor adalah otak yang
mengatur kerja sebuah komputer. Artinya seluruh aktivitas sebuah komputer
dikontrol dan diperintah dari processor. Processor pertama kali diproduksi oleh
Intel pada tahun 1974. Adapun produsen processor komputer yang paling besar
saat ini adalah Intel dan AMD (Advanced Micro Device).
2. Motherboard
Motherboard atau
biasa disingkat dengan MB, adalah sebuah papan sirkuit elektronik yang mempunyai
slot-slot untuk komponen lain, sehingga komponen-komponen tersebut saling
terhubung dan saling bekerja sama dengan baik.
Beberapa produsen MB yang terkenal adalah ASUS, IWILL,
Gigabyte, dan sebagainya.
3. RAM (Random Access Memory)
RAM adalah
memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan
mengeluarkan data yang diminta oleh processor. Alur data yang disimpan dan
dikeluarkan dari RAM sangat dinamis dan berkecepatan sangat tinggi. Pemilihan
RAM disesuaikan dengan form factor dari motherboard yang akan digunakan. Demikian
juga dengan speed RAM yang akan digunakan, harus disesuaikan dengan speed bus
motherboard yang akan dipakai. Jika speednya berbeda, maka akan timbul masalah
saat komputer dijalankan. RAM sendiri dijual berdasarkan kapasitas penyimpanan
datanya, mulai dari 4 MegaByte, 8 MB, 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512
MB, 1 GB. Semakin besar kapasitas simpannya, makin mahal harganya.
4. Video Graphics Array Card
VGA Card adalah
alat yang berfungsi untuk mengirimkan data-data visual (gambar) ke monitor
sehingga dapat dilihat oleh pengguna. Sebenarnya komponen ini memiliki nama asli
graphic adapter. Namun karena berkembang standar baku yang dikembangkan oleh IBM,
yaitu standar VGA, maka komponen ini lebih dikenal dengan VGA Card. VGA Card
beredar di pasaran berdasarkan kapasitas memory internal yang ada pada VGA card
tersebut, mulai dari 16 MB, 32 MB, 64 MB, dan 128 MB. Kapasitas ini terus berkembang
seiring dengan perkembangan teknologi graphic adapter ini.
5. Harddisk Drive
Harddisk merupakan komponen vital dalam sebuah PC karena
pada komponen inilah semua data-data dan aplikasi yang ada di PC disimpan. Harddisk
dijual berdasarkan kapasitas dan kecepatan rotasi yang ada. Semakin cepat putaran
sebuah harddisk, semakin cepat data yang dapat ditransfernya. Kapasitas harddisk
yang beredar di pasaran mulai dari dibawah 800 MB, 1 GB, 4 GB, 8 GB, 10 GB, 20
GB, 30 GB, dan sebagainya. Teknologi terbaru memungkinkan sebuah harddisk mampu
menyimpan data sampai dengan 100 GB. Produsen harddisk yang cukup dikenal di
Indonesia adalah Seagate dan Maxtor.
6. Floppy Disk Drive
Floppy Disk Drive atau yang lebih dikenal dengan FDD adalah alat untuk
membaca dan menuliskan data yang tersimpan di sebuah floppy disk (disket). Pada
awalnya, FDD muncul dengan ukuran yang besar yaitu 5.25” mengikuti ukuran disket
yang saat itu sedang beredar. Namun saat ini yang masih bertahan adalah FDD yang
berukuran 3.5”. Untuk pasar Indonesia banyak beredar FDD dengan merk Panasonic.
7. CDROM dan DVDROM Drive
CDROM atau DVDROM drive adalah alat untuk membaca data dari media CD atau DVD.
Karena bersifat ROM (Read Only Memory), alat ini hanya mampu membaca data saja.
Namun akhir-akhir ini berkembang teknologi penulisan CD, sehingga muncul yang disebut
CD-RW dan DVD –RW Drive. CD-RW dan DVD-RW drive selain dapat membaca (read)
data dari media CD dan DVD, juga mampu menulis (write) data ke dalam media
tersebut.
8. Network Adapter
Network Adapter bisa disebut juga dengan NIC (Network Interface Card), LAN
(Local Area Network) Card, dan Ethernet Card. Network adapter adalah alat yang
memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Berkomunikasi di sini
bukan berarti bercakap-cakap, melainkan bertukar data dan sumber daya lainnya
(misalnya pemakaian printer bersama-sama).
9. Sound Card dan Speaker
Sound card juga
biasa disebut dengan audio card. Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan
suara yang dapat didengar oleh user melalui speaker yang dihubungkan dengan
sound card tersebut.
10. Power Supply dan UPS
Power supply adalah
komponen PC yang mengatur supply listrik dari PLN ke komponen di dalam PC
tersebut. Selain power supply, dikenal pula komponen yang bernama UPS. UPS
singkatan dari Uninterruptible Power Suplly. Alat ini merupakan alat yang
berdiri sendiri di luar PC yang berguna untuk menyuplai tenaga listrik tanpa
berhenti, meskipun sumber listrik PLN sedang mati. Ini dimungkinkan karena UPS
memakai baterai cadangan untuk menyuplai listrik ke PC di saat sumber listrik
dari PLN mati. Pada saat listrik PLN hidup, UPS akan secara otomatis men-charge
baterainya untuk digunakan saat listrik PLN mati.
11. Keyboard
Keyboard adalah
alat input utama dari sebuah PC selain mouse. Melalui keyboard kita dapat
memberikan instruksi kepada komputer untuk mengerjakan sesuatu yang kita inginkan.
Keyboard memuat tombol-tombol penting di antaranya :
a. Tombol penulisan huruf.
b. Tombol enter untuk mengeksekusi sebuah action.
c. Tombol Esc (escape) untuk membatalkan sebuah
action.
d. Tombol-tombol fungsi khusus (F1 – F12).
e. Tombol penulisan angka.
f. Tombol kontrol sistem operasi (tombol windows,
tombol right click menu).
g. Keyboard dikenal dalam 2 jenis, yaitu keyboard
serial dan keyboard PS2 (baca PS Two).
Yang membedakan hanyalah konektor kabelnya. Untuk yang
serial berbentuk kotak, sedangkan yang PS2 berbentuk bulat. Dalam memilih
keyboard, Anda harus melihat konektor yang disediakan oleh motherboard, apakah
serial atau PS2.
12. Mouse
Karena berbentuk seperti seekor tikus, alat ini disebut
dengan mouse. Sebenarnya alat ini adalah komponen input yang memungkinkan
pointer bergerak ke segala arah. Alat ini mempunyai bola untuk menggerakkan
pointer dan dilengkapi dengan minimal 2 tombol untuk melakukan clicking, yaitu
tombol kiri (untuk left click) dan tombol kanan (untuk right click). Klik kiri
untuk mengeksekusi sebuah point yang ditunjuk oleh pointer, sedangkan klik kanan
untuk memunculkan menu yang berhubungan dengan point yang ditunjuk oleh pointer.
Mouse dikenal dalam 2 jenis, yaitu keyboard serial dan keyboard PS2 (baca PS
Two). Yang membedakan hanyalah konektor kabelnya. Untuk yang serial berbentuk
kotak, sedangkan yang PS2 berbentuk bulat. Dalam memilih mouse, Anda harus
melihat konektor yang disediakan oleh motherboard, apakah serial atau PS2. Saat
ini berkembang mouse yang tidak menggunakan bola untuk menggerakkan pointer, tetapi
menggunakan teknologi optic yang berwujud sinar infra red. Optic akan menangkap
bayangan benda yang berada di bawah mouse dan menampilkannya dalam bentuk
gerakan pointer saat mouse digerakkan.
13. Scanner
Scanner adalah
alat yang berfungsi untuk mencitrakan sebuah foto atau benda 3 dimensi ke dalam
wujud sebuah file gambar digital sehingga kita dapat melakukan editing gambar
dengan aplikasi image editor seperti Photoshop, Corel, dan sebagainya. Alat ini
hanya aksesoris saja, dan tidak harus ada dalam sebuah PC.
14. Barcode Reader
Barcode reader berfungsi untuk memasukkan data ke dalam PC dari sumber
data yang berbentuk barcode. Alat ini hanya aksesoris saja, dan tidak harus ada
dalam sebuah PC.
15. Monitor
Monitor adalah
komponen untuk menampilkan apa yang sedang diproses PC dalam bentuk visual,
sehingga kita dapat dengan mudah memahaminya. Monitor diproduksi dengan
menggunakan 2 jenis teknologi yang berbeda, yaitu monitor yang menggunakan
tabung CRT (Catode Ray Tube) dan monitor yang menggunakan LCD (Liquid Crystal
Display). Monitor LCD berbentuk lebih tipis dan lebih mahal harganya, sedangkan
monitor CRT lebih murah namun lebih besar bentuknya. Monitor dijual dalam
ukuran yang berbeda, mulai dari 14”, 15”, 17”, 21”, dan 29”. Ukuran di sini
adalah ukuran panjang diagonal layar yang dapat menampilkan gambar. Semakin
besar ukurannya, semakin mahal harganya.
16. Printer
Printer adalah
output device utama untuk menghasilkan output dalam bentuk cetakan (handcopy). Printer
terbagi atas beberapa jenis yang menggunakan teknologi yang berbeda pula.
Pertama :
printer dot-matrix. Printer ini menggunakan head yang memukul kepala huruf ke
kertas yang digunakan. Kelebihan printer jenis ini adalah murah pitanya (lebih
mahal harga printernya dibanding ink-jet), bisa mencetak pada kertas berukuran
sampai A3, bisa mencetak dengan kertas yang berlapis-lapis. Printer ini hanya
mencetak dalam warna hitam saja.
Kedua :
printer ink-jet. Printer ini bekerja dengan menyemprotkan tinta pada kertas. Printer
ini berharga lebih murah, namun penggantian tintanya lebih mahal daripada pita milik
dot-matrix. Kelebihan printer ini dapat mencetak berwarna, sesuai dengan tinta yang
digunakan. Namun masih jarang printer ink-jet yang mempunyai kemampuan cetak di
atas ukuran A4.
Ketiga :
printer laser. Printer ini menggunakan teknologi laser untuk mencetak pada kertas.
Printer ini dapat menghasilkan cetakan yang halus, dan kemampuan cetak yang lebih
cepat dibanding jenis lainnya. Namun masih jarang printer laser yang berkemampuan
cetak ukuran di atas A4 dan menghasilkan cetakan yang berwarna.
17. Speaker
Speaker adalah
alat tambahan untuk menghasilkan suara pada PC. Untuk menggunakan printer, Anda
harus memasang sound card terlebih dahulu. SOFTWARE (Perangkat Lunak) Software
atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan
pengolahan data. Seperangkat hardware yang membentuk sebuah PC (komputer)
lengkap tidak dapat bekerja tanpa software di dalamnya. Software ini yang mengontrol
seluruh jalannya perangkat keras yang ada. Ada beberapa jenis program komputer
yang digolongkan dalam software, yaitu operating system, program aplikasi, dan
driver hardware.
- Operating System
Operating system atau biasa disebut dengan sistem operasi komputer adalah sekumpulan
program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat
keras yang ada pada sebuah komputer. Fungsi sistem operasi antara lain untuk
manajemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memory, kontrol tampilan
dan suara, dan sebagainya. Pendek kata, sistem operasi ini mengontrol seluruh
hal yang terjadi dalam operasional sebuah komputer. Berikut macam-macam sistem
operasi yang ada :
1) Microsoft DOS (Disk Operating System).
2) Microsoft Windows (Win 3.1, Win 95, Win 98, Win
98 SE, Win 95 For Workgroup, Win ME, Win NT 4.0, Win 2000 Professional, Win
2000 Server, Win XP, Win 2000 Advanced Server, Win 2000 Data Center Server).
3) Linux (SuSE, RedHat, Caldera, Mandrake, Debian,
Corel Linux, Slakewave, dsb).
4) Mac OS.
5) IBM O/S 2 Warp.
6) UNIX (Sun Solaris, AIX, SCO, dsb).
- Program Aplikasi
Program aplikasi atau biasa disebut dengan aplikasi,
merupakan program yang berjalan pada sistem operasi, dan dibuat untuk membantu
user mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan produktivitasnya.
Ada banyak sekali jenis aplikasi, di antaranya :
1. Aplikasi bisnis dan perkantoran.
2. Aplikasi untuk hiburan dan entertainment.
3. Aplikasi untuk komunikasi.
4. Aplikasi grafis dan multimedia.
5. Aplikasi teknik (CAD/CAM).
6. Aplikasi untuk utility dan anti virus.
7. Aplikasi untuk pemrograman komputer.
8. Aplikasi server.
Aplikasi bisnis dan perkantoran didominasi oleh Microsoft Office. Microsoft Office
ini memiliki kumpulan aplikasi yang sangat familiar dengan pengguna, yaitu Ms
Word, Ms Excel, Ms Power Point, Ms Access, Ms Outlook, dan Ms Publisher.
Sedangkan aplikasi bisnis yang berjalan pada Linux antara lain Star Office dan
K-Office.
Aplikasi hiburan dan entertainment kita kenal dengan Windows Media Player, WinAm,
Jet Audio, XingMPEG, dan sebagainya.
Aplikasi untuk komunikasi, kita kenal dengan MiRC, Ms Netmeeting, Ms Outlook Express,
ICQ, dan sebagainya.
Aplikasi grafis dan multimedia, kita mengenal Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia
Freehand, ACDSee, dan sebagainya.
Aplikasi teknik, kita kenal Ms Visio, AutoCAD, dan sebagainya.
Aplikasi untuk utility dan anti virus, kita mengenal Norton Utility, Norton Antivirus, McAfee
Virus Scan, dan sebagainya.
Aplikasi untuk pemrograman komputer, kita kenal Visual Basic, Delphi, C++, dan sebagainya.
Aplikasi server, kita kenal Ms Personal Web Server, IIS untuk Win NT dan Win
2000, Ms Exchange untuk mail server, Apache Web Server, dan sebagainya.
- Driver Hardware
Driver hardware atau lebih dikenal sebagai driver, adalah aplikasi yang
dibuat untuk membuat hardware dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Driver
dibuat oleh produsen pembuat hardware.
Misalnya perusahaan HP, mereka membuat driver untuk
printer-printer produksi mereka. Setiap hardware yang dijual, selalu disertai
dengan driver buatan pabriknya. Tanpa driver, sebuah hardware tidak dapat
dikontrol dari PC.
BRAINWARE
Brainware : manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan
sistem komputer. Brainware adalah bagian penting dari sebuah sistem komputasi.
Hardware tidak dapat bekerja tanpa software, sedangkan hardware dan software
tidak dapat bekerja tanpa brainware. Secara harafiah, brainware dapat diartikan
sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini otak manusia) yang mengoperasikan
dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan software yang ada. Ada
beberapa jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing, di
antaranya adalah Programmer, System Analyst, System Administrator, Database Administrator,
Database Engineer, System Integrator, Network Designer, Network Engineer,
Software Engineer, Hardware Engineer, System Auditor, dan User.
1. Programmer adalah orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan
tool programming yang tersedia.
2. System Analyst adalah orang yang mempelajari sebuah proses bisnis, dan menuangkannya
dalam sebuah rancangan sistem, sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat
diwujudkan dalam sistem komputerisasi yang terintegrasi.
3. System Administrator adalah orang yang bertugas untuk mengelola
sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analyst dan dibuat oleh
Programmer.
4. Database Administrator adalah orang yang mengelola sebuah sistem
database.
5. Database Engineer adalah orang yang merancang sebuah sistem database,
sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan adakan pengelolaan data, baik
saat ini maupun saat akan datang.
6. System Integrator adalah orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang
oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang
mungkin akan dibangun kemudian hari.
7. Network Designer adalah orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer
untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa
pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.
8. Network Engineer adalah orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang
networking. Dia bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan
sesuatu yang berguna untuk bidang networking.
9. Software Engineer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan
sebuah software (aplikasi, river, maupun sistem operasi).
10. Hardware Engineer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode
dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware sehingga muncul sebuah
produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
11. System Auditor adalah orang yang bertugas mengaudit sebuah sistem
komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi,
sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang ada
menjadi lebih sempurna lagi.
12. User adalah orang yang menggunakan sistem komputer yang ada.
Penggolongan
Komputer
Literatur
terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tiga hal: data
yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya.
a. Berdasarkan Data Yang Diolah
1. Komputer Analog
2. Komputer Digital
3. Komputer Hybrid.
Berdasarkan
Penggunaannya
1. Komputer
Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
2. Komputer
Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Berdasarkan
Kapasitas dan Ukurannya
1. Komputer
Mikro (Micro Computer)
2. Komputer Mini
(Mini Computer)
3. Komputer
Kecil (Small Computer)
4. Komputer
Menengah (Medium Computer)
5. Komputer
Besar (Large Computer)
6. Komputer
Super (Super Computer)
Berdasarkan
Generasinya
1. Komputer
Generasi Pertama (1946-1959)
2. Komputer
Generasi Kedua (1959-1964)
3. Komputer
Generasi Ketiga (1964-1970)
4. Komputer
Generasi Keempat (1979-sekarang)
5. Komputer
Generasi Kelima.
PENGERTIAN DAN SEJARAH INTERNET
1. Pengertian Internet
Internet adalah jaringan komputer yang saling
terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya.
Secara fisik dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti
bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node
bisa berupa komputer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis
penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi
terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit . Node terdiri
dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan perangkat
interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari,
menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet. Menurut Lani Sidharta
(1996) : walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan
komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi.
Isi Internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan
multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai
dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata
ada di Internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain
sebagainya.
2. Sejarah Internet
Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika
Departemen Pertahanan Amerika memutuskan untuk mengadakan riset tentang
bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan
organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih
dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa
saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson
berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk
ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah, sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang
menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer
ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University
College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang
menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer
yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih
besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk
pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah
tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari
Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih
dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau
network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan
newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom
menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang
bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang
membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol
resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission
Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP yang kini kita kenal
semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal
dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyedi akan jasa e-mail dan
newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada,
maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal
dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan
yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Setahun kemudian alamat anggota
jaringan mulai menggunakan alamat dengan akhiran .com.. Sistem alamat yang
serba praktis ini langsung menggelumbungkan jumlah komputer yang tersambung
dengan jaringan. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak
10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, antar sesama komputer sudah
mulai dapat mengobrol atau chatting, karena Jarko Oikarinen dari Finland
berhasil menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.
Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10
kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk
sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim
Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu
komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang
disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung
membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama
muncul istilah "surfing the internet". Tahun 1994, situs internet
telah tumbuh menjadi 3.000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya
virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di
tahun yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape
Navigator 1.0. Selain itu, Pizza Hut tercatat sebagai pionir yang menerima order
pizza online.
Setahun kemudian internet sudah menjadi jalur di
mana suara, gambar, bisa streaming sekaligus. Tahun 1996 transaksi perdagangan
di internet sudah mencapai satu miliar dollar AS. Tahun 1997 situs internet
sudah melewati 1,2 juta. Nama domain business.com mencapai rekor penjualan
150.000 dollar AS. Tahun 1998, situs internet tumbuh menjadi 4,2 juta, dan nama
domain yang terdaftar sudah melewati angka dua juta. Tahun 1999 nama domain
business.com terjual kembali 7,5 juta dollar AS. Tahun 2000 situs internet
sudah melewati 21,1 juta. Luar biasa bukan ?
3. Fasilitas Internet
Secara garis besar internet memiliki beberapa fasilitas.
Fasilitas tersebut banyak digunakan oleh pengguna, guna memenuhi
kepentingannya. Di antara fasililitas tersebut adalah sebagai berikut :
World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) ini anda dapat mengambil, memformat,
dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik, dan video) dengan
menggunakan hypertext links).
Electronic Mail (E-Mail)
Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat/berita dengan
orang lain, tanpa mengenal batas, waktu, ruang bahkan birokrasi. E-Mail
merupakan salah satu contoh wahana pengakses informasi superhighway. E-Mail
merupakan wahana yang paling tua dan paling populer sebagai pengakses
informasi. E-Mail memungkinkan seorang individu mengirimkan pesannya langsung
ke individu lain dalam waktu yang cepat. Tetapi, tidak tertutup kemungkinan
E-mail digunakan untuk berkomunikasi pada orang banyak, misalnya dengan
mengirimkan pesan pada sebuah kelompok alamat dan kelompok alamat ini mengirimkannya
pada nomor-nomor E-Mail lain yang termasuk dalam mailing listnya.
Mailing List
Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik
dengan menggunakan e-mail. Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar
informasi, pendapat, dan lain sebagainya dalam jarak jauh. Mailing list adalah
sistem yang mengirim pesan-pesan untuk kelompok orang, bisa berupa berita,
artikel, catatan, dan sebagainya. Seiring dengan terbentuknya berbagai kelompok,
maka terdapat ribuan mailing list di seluruh dunia. Setiap mailing list
memiliki seorang individu yang menjadi penanggung jawab. Bila seseorang ingin
berlangganan sebuah mailing list, dia cukup menulis surat pada alamat mailing
list tersebut. Kemudian "moderator" mailing list tersebut akan
memutuskan apakah permohonannya akan diterima atau tidak. Bagi mailing list
yang tidak memiliki "moderator", kondisinya akan lebih terbuka.
Anggota mailing list tersebut mengirim dan menerima pesan dari semua individu.
Chatting
Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung
dengan orang lain dalam internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan
untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet.
File Transfer Protokol
Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip
atau file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer
lain di internet. Beberapa di internet telah tersedia file atau dokumen yang
siap untuk di duplikat oleh orang lain secara gratis (free).
Browsing
Browsing merupakan salah satu kegiatan dalam menjelajah
internet untuk mendapatkan informasi yang terkini tanpa batas dan tanpa
birokrasi. Untuk mendapatkan informasi tersebut diperlukan software yang
dikenal dengan browser. Browser tersebut antara lain, Internet Explorer,
Netscape, Opera, Mozilla Firefox, dll.
Namun demikian browser yang paling banyak digunakan oleh
user adalah Internet Explorer disusul dengan Mozilla Firefox. Hal ini
disebabkan penggunaannya yang sangat mudah dan secara otomatis terinstalasi
pada saat proses instalasi sistem operasi Windows. Pada internet inilah Anda
akan menemukan informasi terkini dan aktual, baik informasi mengenai politik,
ekonomi, sosial, budaya dan keamanan serta hiburan bahkan berbagai referensi
dan lain sebagainya. Di dalam mencari informasi atau menelusuri web site diperlukan
alamat web site yang dituliskan pada browser yang Anda gunakan. Proses browsing
untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dapat dilakukan secara langsung
pada alamat web site tersebut, misalnya Anda akan membaca berita terkini dari
harian kompas, maka alamat web site dari harian tersebut adalah http://www.kompas.com. Di lain pihak Anda dapat menggunakan mesin
pencari (Search Engine) yang menyediakan beberapa informasi yang diperlukan.
Salah satu mesin pencari yang banyak digunakan adalah http://www.yahoo.com, http://www.catcha.co.id, http://www.google.com dan masih banyak lagi.
KEUNGGULAN
DAN KELEMAHAN INTERNET
Keunggulan tersebut
antara lain :
Konektivitas
dan jangkauan global,
Dalam internet
jaringan yang terjalin bersifat global tanpa mengenal ruang, waktu, dan birokrasi,
di mana akses data dan informasi melampaui batas-batas negara dan protokoler. Misalnya
Anda membutuhkan referensi dan sumber informasi untuk kebutuhan riset, maka
akan dijumpai berbagai sumber dan informasi dalam internet secara global tanpa harus
mendatangi sumber dan informasi tersebut. Di samping itu apabila Anda pelaku bisnis
dan akan menginformasikan produk Anda, maka di internetlah sebagai salah satu bentuk
promosi kepada pengguna di seluruh dunia. Pendek kata hampir seluruh kebutuhan
informasi tersedia di internet dengan jangkauan global tanpa batas-batas negara.
Akses 24
jam
Akses di
internet tidak dibatasi dengan waktu, karena di mana pun dan kapan pun dunia maya
(akses internet) tidak pernah terlelap tidur. Perbedaan zone waktu dan ruang
tidak dikenal dalam menjelajah internet. Misalnya Anda akses internet malam
hari di Pabelan, maka di belahan dunia lain (misalnya Afrika dan Amerika)
sedang giat-giatnya bekerja, demikian juga sebaliknya.
Kecepatan
Kecepatan untuk
mendapatkan informasi dan berkomunikasi di internet menjadi salah
satu
pertimbangan pengguna dalam menggunakan internet. Pencarian informasi dengan internet
jauh lebih cepat dibandingkan dengan pencarian secara manual. Anda tinggal klik
pada salah satu icon dan tunggu beberapa saat, maka informasi tersebut sudah Anda
dapatkan.
Interaktivitas
dan fleksibilitas
Dalam dunia
internet komunikasi dengan pengguna di belahan dunia, dapat Anda lakukan tanpa
batas ruang dan waktu. Komunikasi yang Anda lakukan dapat secara interaktif,
misalnya dengan fasilitas chatting. Di samping itu Anda dapat mengikuti informasi
perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat dikomunikasikan
dengan pengguna lain.
Kelemahan
tersebut antara lain :
Ancaman
virus
Salah satu
masalah dalam dunia internet adalah ancaman virus yang selalu berkembang seiring
perkembangan dunia komputer maupun perkembangan internet itu sendiri. Berbagai
virus telah berkembang dan penyebarannya pun bervariatif, khususnya menyebar
lewat jaringan global internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang di download.
Ketergantungan
pada jaringan telepon, satelit dan Internet Service Provider
Fasilitas
jaringan telepon, bahkan satelit serta ISP menjadi sangat berpengaruh terhadap biaya
pemakaian internet. Apabila Anda akses internet dial-up, maka kenaikan tarif
pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuat terhadap akses internet.
Selain itu saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang pada
gilirannya akan berpengaruh terhadap waktu akses internet dan biaya akan lebih
mahal. Di samping itu terbatasnya bandwitdh sistem transmisi yang disediakan
ISP dan banyaknya pelanggan yang akses internet dalam waktu bersamaan akan
mempengaruhi akses internet.
0 komentar:
Posting Komentar